Misteri Kepala dalam Jembatan

10:51:00 AM Unknown 30 Comments


Jembatan Cigunung
Saat negeri ini masih mengandalkan rakit untuk menyeberang sungai, maka datanglah insunyur-insinyur Barat. Para insinyur tersebut memperkenalkan pembangunan jembatan. Karena kebanyakan dari mereka adalah orang Belanda maka nama jembatan  di kampungku bernama brug. Kata ini berasal dari burg, yang di Negeri Kincir Angin sana berarti jembatan.

Lalu berlombalah seluruh negeri membangun brug, eh jembatan. Sayangnya karena minimnya pengalaman dan tenaga ahli, maka jembatan yang dibuat masih lebih sering rusak dan tak tahan lama. Maka bertanyalah warga kepada para meneer tersebut.

“Bagaimana cara yang ampuh agar kami bisa membangun jembatan yang kuat dan awet?” demikian ungkap salah satu tetua kampung yang paling disegani dan punya keberanian berbicara dengan Bangsa Bule.

“Dengan ini!” jawab salah seorang meneer yang juga insinyur tersebut sambil menempelkan jari telunjuknya tepat di jidatnya.

Dari dialog tersebut, maka seluruh jembatan di kampungku dan hampir di seluruh negeri ini kemudian dibangun dan rata-rata kuat hingga puluhan tahun. Tentu saja menuruti anjuran insinyur Barat tadi. Membangun jembatan dengan kepala. Benar-benar kepala. Kepala manusia!

Karena tak ada satu orangpun yang dengan ikhlas menyiumbangkan kepalanya demi pembangunan jembatan, maka dengan terpaksa dicarilah wadal alias korban. Jangan heran jika di kampungku saat ada pembuatan jembatan, penduduk memagari keselamatan dengan lebih waspada. Penculikan manusia demi mendapatkan kepala sebagai syarat membangun jembatan akan terjadi. Di kampungku, penculikan ini akan dilakukan oleh cuculik – alias penculik.

Mitos cuculik saat pembangunan jembatan hingga detik ini masih terdengar dan selalu menakutkan warga Gehol. Tengok saja misalnya jembatan terpanjang di sana, Jembatan Cigunung. Jembatan dengan panjang lebih dari 100 meter tersebut dibangun antara tahun 1983-1984. Hingga kini , tetap berdiri meski tanpa perawatan. Hanya pagar pembatas jembatan yang mulai tanggal satu persatu karena termakan usia dan cuaca.

Bandingkan dengan insiden robohnya jembatan yang dibangun lebih muda sesudahnya. Padahal dari segi panjang dan beban yang ditanggung jelas tak seberat beban yang ditanggung Jembatan Cigunung. Satu hal yang kemudian terbukti adalah, kualitas jembatan yang kini ada menurun bukan karena tidak ada kepala atau tak ada ahli. Namun karena kebanyakan kepala yang harus disuapi sehingga kian menggerogoti bahan bangunan. Juga karena terlalu banyak ahli yang minta jatah dalam proses pembangunannya.

Lalu, benarkah ada kepala yang sengaja ditanam dalam tiang-tiang jembatan tersebut? Kisah demi kisah yang diungkap membenarkan hal itu. Dengan serempak  dan kompak para orang tua kampungku menceritakan bahwa ada beberapa kepala dan tubuhnya sekaligus yang sengaja dikubur demi memperkuat tiang jembatan. Tercatat, satu lelaki dan satu bocah perempuan yang jadi tumbal demi mempermudah aktivitas warga menyeberangi Sungai Cigunung.

Jika Anda tertarik ingin melihat buktinya gampang saja. Hadirlah di Jematan Cigunung tepat tengah malam di malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon. Tetaplah di situ hingga menjelang fajar. Saksikan saja anak kecil di ujung jembatan yang dengan santainya duduk sambil mengguncangkan kakinya seolah ia sedang main ayunan. Duduk dengan tenang sambil bersenandung menghadap kali yang berjarak tidak kurang dari lima meter dari tempatnya duduk.

Saksikan pula seseorang yang akan dengan senantiasa melindungi tubuhnya dengan sarung. Ia layaknya penduduk biasa yang hendak pergi ke mushola untuk menunaikan sholat subuh. Layaknya orang kedinginan, ia menutupi seluruh tubuhnya dengan sarung. Dengan santai pula ia akan duduk di atas pagar jembatan sambil menerawang air di bawahnya.

Percaya atau tidak, silakan saja mencoba!

30 comments:

  1. ihhh serem banget ada kepala dalam jembatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem apalagi kalo nongkrongnya tengah malem :)
      thx dah mampir

      Delete
  2. Replies
    1. pembatasnya udah banyak yang copot :((
      makasih dah mampir

      Delete
  3. wahh...minimnya pengetahuan dan tingkat pendidikan yang rendah membuat setiap pernyataan ditelan mentah2..sehingga salah dalam penafsiran....ngomong2,,isu di jembatan Suramadu waktu pembangunan juga begitu bang...ada tumbalnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lucunya sampai detik ini pembangunan gedung2 gede dan tinggi di Jakarta juga gak lepas dari mitos ini.
      Meski gak tau bener atau nggak....
      makasih dah mampir

      Delete
  4. waktu kecil sering banget denger tuh cerita brug dan kepala, wew serem, tp sekarang sdh ga pernah terdengar lg cerita seperti itu di kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang dana buat mencasri tumbal sudah dikorupsi gan :))
      tapi mungkin saja cerita di atas gak bener...
      siapa tau cuma nakut-nakutin anak-anak biar gak nakal dan berkeliaran sembarangan

      makasih dah mampir

      Delete
  5. mantab ceritanya, saya ingin melihat anak kecil itu lho mas(pura-pura berani)hehehe

    kunjungan balasan
    jangan lupa juga ikuti event Pasang Peta

    Berhadiahnya ya


    salam bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke gan...
      makasih gan udah balas ngunjungi ane ...

      Delete
  6. kata sapa mas itu cm bwt nakutin anak kecil?
    klo di jepang ato eropa folklore memang bnyk yg di karang dgn harapan moral value nya bisa di pelajari si anak.
    klo di indonesia tumbal pembangunan jembatan ato gedung2 bkn skadar gosip ato isepan jempol,awalnya gw jg ga percaya tp terpaksa percaya krn crita dr temen gw di banjarmasin ketika baru2 ini ada pembangunan jmbatan di sana(2011) ada org yg mencari tumbal kepala brkeliaran di skitar kampung2 sana,kebetulan temen gw pekerja malam dan smpat brtemu dgn warga yg lg brjaga mencari si pencari tumbal yg berhasil mreka lukai.aksi mencari kepala mngkin agak susa di jaman skrg krn di mana2 dah rame bhkan walo malam hr maupun subuh,namun ini tdk berarti pncarian tumbal sbg alat utk memperkuat bangunan konstruksi manusia msh ttp dilakukan.saran gw mending ilmuwan2 brenti cr teknologi biar konstruksi bngunan kuat,pake tumbal manusia ja kyk di indonesia,drpd ngabisin duit bwt riset,percuma trnyata nyawa manusia lbh kuat dr beton hasil riset tahunan dan itulah indonesia negeri jajahan otak dengkul,smua nalar dan akal sehat kalah oleh tahayul jampe2 kepercayaan hal2 fiktif lainnya yg dah dibudayakan scara turun menurun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan ...
      ane tahun lalu juga denger cerita yang sama dari penjaga malam di proyek salah satu gedung jakarta ...
      mereka malem2 sengaja nyari tumbal buat memperkuat salah satu penyangganya ... dan dapet!
      oya, tahun2 kemaren ada laporan dan berita yang menyatakan penemuan kerangka di salah satu gedung di jakarta... dua!
      sampai detik ini tuh berita nguap... artinya?

      Delete
  7. saya baru dengar dari seorang tukang batu, dia pernah mengikuti pembangunan gedung yang pake tumbal seperti itu, katanya seorang anak kecil umur 9thn dimasukan peti dalam keadaan masih hidup, kemudian dikasi roti dan minuman didalam peti, trus peti itu dicor dan dijaga aparat keamanan, sebelum pengecoran selesai tukang2 itu tidak ada yang boleh pergi, saya pikir sadis sekali, kenapa gak disuntik mati aja anak itu kalo seperti itu, tapi kebenarannya saya juga gak tau karena saya juga dengar cerita orang, tapi perlu diingat juga, kalo gak ada terjadi sesuatu biasanya orang juga gak bercerita apa2 ?

    ReplyDelete
  8. iiihk kan ksihan ornq tua dari orq yq jaddi tumbalnya ,, apalaqi klw yq sdah bruma tnqqa dan pnya ank ,,mrka bner"orq yq punya hatti nurani yha ...
    tapi nhi katanya klw sdra atw orq tua korban nqinjak itu jmbtan ,,pasti jmbtan itu bakalan roboh ...
    hmmppt dasar orq qk pnya hatii bnqett ...

    ReplyDelete
  9. Sadis dan tak berperikemanusiaan....Saya juga sering dengar tuh, kepala manusia dijadikan bahan untuk memperkuat jembatan. Jembatan Suramadu itu habis kepala berapa ya ? hiiiiik

    ReplyDelete
  10. Ternyata cerita kayak gini masih ada sampe sekarang? Kirain cuma puluhan tahun yang lalu aja.

    ReplyDelete
  11. ijin repost bang,ntar saya cantumin blog ini dipostingan saya..gmna?

    ReplyDelete
  12. Dan mulai terjadi lagi gan, di desa saya anak smp di hampiri dua orang dan bertanya : kenpa kok ga pakai helm nak? Ini saya kasih helm. Begtu helm di pakai langsung dipotong kepalanya, tubuh dan motornya di tinggal tapi kepalanya di bawa, ini thread 2012, dan di 2016 ini baru terjadi di tempat saya apa yg agan tulis 4 tahun lalu

    ReplyDelete
  13. ini fakta, tapi tergantung apa yg di bangun.. waktu sya ikut bangun pabrik kayu lapis di plywood salah satu tiang itu sebelum di cor di masukin kepala kerbau.. itu menunjukan bukan mitos.. hal tentang kepala orang jadi tumbal bisa aja terjadi

    ReplyDelete
  14. kalo dari yg saya tangkep, itu meneer nunjuk kepala bukan maksudnya tumbal kepala, tapi maksudnya "PAKE OTAK LO" atau "MIKIR SENDIRI SANA". orang kita aj yg salah ngartiin

    ReplyDelete
  15. aku pernah magang di salah satu proyek,sempat berbincang-bincang dengan operator tower crane cerita tentang tumbal pada suatu konstruksi itu benar-benar.bahkan beliau cerita ada salah satu pekerja kasar yang dicor hidup-hidup

    ReplyDelete
  16. Hahaha, kebodohan membawa korban. Maksud dia menunjuk kepala adalah dipikir pake otak, gimana caranya biar kuat. Tapi yg namanya bangsa budak, wajarlah menganggap harus bener2 pake kepala manusia.

    ReplyDelete
  17. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/bersiap-6-zodiak-ini-akan-hadapi-cinta.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/ungkapan-hati-tak-lagi-redup-melalui.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/02/parah-dosen-dan-mahasiswa-selfie-bareng.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    ReplyDelete
  18. keren gan informasinya, sangat membantu

    rental mobil

    ReplyDelete